RNW - INFORMASI, WARTA BERITA DAN ANALISA DALAM 10 BAHASA, 24 JAM SEHARI, MELALUI RADIO, TELEVISI DAN INTERNET

Radio Netherlands Worldwide

Depan

Makan Ikan Ternyata Nggak Buat Pintar

Diterbitkan 18 Desember 2009 - 11:55am
Diarsip dalam:

Anda konsumen Omega-3 siap-siap kecewa. Ternyata lemak ikan nggak berdampak apa-apa bagi orang dewasa.

Orang dewasa yang mengkonsumsi secara berkala ikan berlemak tidak membuatnya lebih mawas otak, mudah konsentrasi atau lebih pintar. Ini hasil penelitian Ondine van de Rest, yang Jumat(18/12) maju promosi di Universitas Wageningen, Belanda.

Kebutuhan akan lemak/minyak ikan(banyak ditemukan pada ikan salmon, makreel dan haring) digembar-gemborkan oleh industri makanan. Lemak/minyak ikan, dikenal dengan istilah Omega-3, disebut sebagai kunci penting kesehatan. Katanya dapat memperbagus kerja jantung dan aliran darah, serta meningkatkan fungsi otak.

Van de Rest lewat penelitian menyimpulkan, minyak ikan tidak berdampak apa-apa bagi peningkatan kemampuan konsentrasi ataupun mental.

Pendek kata: ikan tidak membuat orang lebih bahagia apalagi pintar.

  • Salmon©sklathill flickr

Video pilihan

Irfan Bachdim Akhirnya Merumput di Malang
Di Belanda, kariernya terancam kurang cemerlang. Mungkin karena itulah,...
Hikmah Puasa: Kebersamaan dan Kekompakan
Kalangan Muslim di Belanda seringkali buka puasa bersama warga setempat,...
Walau Puasa, Tak Perlu Diistimewakan
Puasa di lingkungan kerja yang tak puasa. Ini dilakukan Ida Ramlan, staf...
RNW - INFORMASI, WARTA BERITA DAN ANALISA DALAM 10 BAHASA, 24 JAM SEHARI, MELALUI RADIO, TELEVISI DAN INTERNET